Senin, 17 Agustus 2009

TATA CARA RISET YANG BENAR


Riset adalah analisa tentang produk kita;
1. Dari apa yang pernah aku lakukan untuk sebuah perusahaan di mana aku harus mengetahui keinginan konsumen tentang produk kita dan mengetahui keluhan- keluhan tentang produk kita.
1. Hal yang pertama kita lakukan adalah bagaimana kita menentukan letak ( wilayah ) yang akan kita survey.
# Mall
# Konsumen ( do to dor )
# Pedagang
# Pameran
2. Menentukan size untuk orang yang nantinya akan kita jadikan koresponden, apakah mereka termasuk koresponden yang mampu untuk mengkonsumsi produk kita? karena banyaknya ses ( status ekonomi sosial ) di masyarakat yaitu:
# Ses A. adalah masyarakat atas.
# Ses B. adalah masyarakat menengah
# Ses C. adalah masyarakat bawah dan
# Ses D. adalah masyarakat paling bawah.
Apakah produk kita bisa kita pasarkan di antara size tersebut? dari situlah kita butuhkan yang namanya riset.
3. Kita membutuhkan seoarang interviwer yang tangguh di dalam lapangan dalam segi komunikasi karena bila komunikasi kita salah dalam bertanya maka riset tersebut tidak akan valid.
4. Konsep dari sebuah pertanyan yang menyangkut produk kita maupun kompetitor produk kita.
Dari situ kita akan tahu dimana kita harus memasarkan produk kita dengan tepat sasaran dan dari situ kita tahu apa kelemahan dari pemasaran produk kita maupun pendistribusian produk kita supaya sampai ke para konsumen.
2. Adapun kelemahan riset yaitu:
# Banyaknya koresponden menjawab suatu pertanyaan dengan singkat dan melenceng dari sebuah pertanyaan sehingga kita tidak mendapatkan jawaban yang kita inginkan.
# Banyaknya seorang interviwer yang mengerjakan sendiri riset tersebut karena lemahnya sebuah pertanyaan sehingga kita tidak bisa mendapatkan jawaban yang valid dari para konsumen maupun dari pedagang.
Setelah hal-hal tersebut kita penuhi dan kelemahan- kelemahan tersebut kita selesaikan maka kita akan mendapatkan hasil riset yang valid.

1 komentar:

crew hembus angin mengatakan...

bagus dang tulisanmu..tapi sedikit tambahan dan ubahan untuk size,itu sebenernya adalah SES atau Status Ekonomi Sosial..jadi bukan SIZE..tapi secara keseluruhan isinya sangat bagus..saya malah banyak harus belajar kayanya..thanks..
Oh iya dang,saya juga baru mulai belajar menulis sesuatu tentang pekerjaan saya,tolong dibantu yah..
KEEP ON MOVING BRO!!